Selamat datang mahasiswa baru di kampus Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). UUI adalah perguruan tinggi yang mengemban misi mulia dalam mencetak para  ilmuan dan pemimpin Aceh masa depan. Di kampus yang memiliki visi menjadi World Class Cyber University ini mahasiswa akan difasiltiasi dengan berbagai kemudahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia. Fasilitas TIK ini memudahkan mahasiswa dalam megakses informasi perkuliahan dan sistem informasi akademik seperti Kartu Rencana Studi (KRS) online, dan layanan wireless fidelity (wifi) di lingkungan kampus.

UUI menawarkan sejumlah program studi favorit yang berada di bawah  lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program-program studi yang ditawarkan selaras dengan  perkembangan dunia kerja, sehingga lulusan UUI nantinya memiliki peluang kerja dan karir yang luas dan beragam.

Lulusan UUI akan dilengkapi dengan sejumlah kompetensi penting seperti publik speaking, kewirausahaan, Bahasa Inggris, table manner dan kompetensi khusus sesuai program studi masing-masing.  Program ini  menjadi prasyarat kelulusan bagi program sarjana maupun diploma UUI. Keberadaan seluruh program studi UUI juga sudah terakreditasi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT), sehingga keberadaannya sah dan legal menerut ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku. Sedangkan program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan D-III Kebidanan adalah tiga program studi di UUI yang mendapatkan Akreditasi B.

Setiap tahunnya UUI menggelar even internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, sepert even pameran inovasi internasional Art, Creativity and Engineering Exhibition (I+ACEH), Pertukaran Budaya ke Malaysia dan Thailand,  Konferensi IJCIMBI yang melibatkan UUI, UniMAP (Malaysia), Daffodil International University (Bangladesh) dan Athlone Institute of Technology (Irlandia), dan Konferensi internasional Drugstech yang melibatkan UUI, Unimap (Malaysia), Mahasarakham University (Thailand) dan Philippine Normal University (PNU). UUI juga mengikutsertakan mahasiswanya ke sejumlah program internasional di sejumlah  antara lain  Asia Summer Program (ASP), I-ENVEX, World Invention Contest, Creative Invention Contest, Euro Invent.

Atas kiprahnya selama hampir satu dekade terakhir UUI telah  meraih 16 penghargaan nasional dan internasional. Pada tahun 2015 lalu, sejumlah penghargaan yang diraih adalah  Outstanding  Leader dari Asia Invention Association (AIA) Korea Selatan, Penganugerahan Professor Adjunct kepada Rektor UUI dan anugerah Special Award European Unian of Women Invention and Innovator Network (EUWIIN) di London, Inggris, Penganugerahan Award Cut Nyak Dhien Sebagai Tokoh Bidang Pendidikan Aceh dan Penganugerahan Srikandi Indonesia yang Dibukukan Berjudul Srikandi Indonesia Bersama dengan para Tokoh Wanita Indonesia Lainnya Seperti Mentri Perikanan dan kelautan.

Susi Pudjiastuti dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan tokoh hebat wanita Indonesia lainnya.  Tidak hanya itu, UUI juga berhasil menduduki posisi 139 dalam jumlah publikasi ilmiah yang terindeks Scopus yang telah mengalahkan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Atas pencapaian ini wajar saja jika Mantan Direktur Kelembagaan Dikti pernah menyebutkan bahwa “UUI akan menjadi kampus terbaik di Indonesia”. Optimisme juga disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof Dr Jamaluddin Idris Med yang mengatakan bahwa “UUI sampai saat ini masih yang terbaik di Aceh”. Ketua BAN-PT Prof Mansyur Ramly juga menyebutkan “UUI sebagai kampus yang membanggakan”. Vice Chancellor Unimap Brigjen Datuk Prof Emeritus Dr Kamarudin Hussin juga “optimis lima tahun lagi UUI dapat meraih predikat World Class Cyber University”.

Di bagian lainnya, untuk penunjang sarana akademik, UUI juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium, gedung kuliah dan perpustakaan yang modern  yang dilengkapi dengan ribuan koleksi e-book dan e-jurnal,  staf pengajar jebolan master (S2) dan doktor (S3) dalam dan luar negeri. Untuk mengakomodir talenta mahasiswa, UUI juga memiliki sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di bawah Pemerintahan Mahasiswa UUI antara lain UBudiyah FC, Tarung Derajat, Bahasa Asing, Ekspresi,   Ekspresi, Fosil, Jurnalistik Horison, Unit Bisnis Mahasiswadan Sanggar Ubudiyah Indonesia Heritage bagi mahasiswa yang berminat di bidang seni  tari.

Untuk pengembangan ke depan, UUI sedang menyiapkan master plan pengembangan RS Ubudiyah yang terintegrasi dengan gedung kampus baru dan boarding school dari SD-SMA.  Karena itu saya mengajak seluruh generasi muda Indonesia  bergabung bersama UUI untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.